Muhammad ibn Sulayman al-Jazuli

Doa sebelum Membaca Dalaai'lu 'l-Khayraat


Du`aa' Bad'i Dalaai'lu 'l-Khayraat



Bismi ‘Llaahi ‘r-Rahmaani ‘r-Rahiim
Washalla ‘Llaahu `alaa Sayyidinaa Muhammadin wa aalihii wa Shahbihi wa sallam,  
Ilaahi bi-jaahi Nabiyyika Sayyidinaa Muhammadin shalla ‘Llaahu `alayhi wa sallama `indaka, wa makaanatahu ladayka, wa mahabbatika laahu, wa mahabbatihi laka, wa bi-s-sirri ‘L-ladzii baynaka wa baynahu, as-aluka an tushalli wa tusallima `alayhi wa `alaa aalihi wa shahbihi, wa dhaa`ifi ‘l-laahumma mahabbatii fiihi wa `arrifni bi-haqqihii wa rutabihii, wa waffiqnii li’tibaa-`ihii wa ‘l-qiyaami bi-adabihii wa sunnatihii, wa ‘j-ma`nii `alayhi wa matti`nii bi-ru’yatihii wa as`idnii bi-mukaalamatihii, warfa’ `annii al-`awaa’iqa wa’l-`alaa’iqa, wal wasaa’itha wa ‘l-hijaab, wa syannif sam`ii ma`ahu bi-ladziidzi ‘l-khithaab, wa hayyi’nii li ‘t-talaqiiya minhu wa-ahhilnii bi-khidmatih, wa ‘j`al shalaatii `alayhi nuuraan nayyiraan kaamilan mukammilan thaahiran muthah-hiraan maahiyan kulla zhulmin wa zhulmatin wa syakkin wa syirkin wa kufrin wa zuurin wa wizrin, wa’j`alhaa sababan li ‘t-tamhiishi wa marqan hattaa anaala bihaa a`laa maqaami ‘l-ikhlaashi wa ‘t-takhshiishi hattaa laa yabqaa fiyya rabbaaniyyatun li-ghayrika wa hattaa ashluha li-hadhratika wa akuuna min ahli khushuushiyyatika, mustamsikaan bi-adabihii wa sunnatihii shalla ‘Llaahu `alayhi wa sallama, mustamiddan min hadhratihi ‘l-`aaliyati fii kulli waqtin wa hiin,
Yaa Allaah, yaa Nuur, yaa Haqqu, yaa Mubiin (3 kali)
Wa shalla ‘Llaahu `alaa Sayyidinaa Muhammadin wa aalihii wa Shahbihi wa sallam
Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Semoga Allah (swt) mencurahkan rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad (s) dan kepada keluarganya serta para sahabatnya.  
Tuhanku, dengan kemuliaan nabi-Mu, junjungan kami Nabi Muhammad (s) yang ada pada-Mu, kedudukannya di sisi-Mu, cinta-Mu kepadanya dan cintanya kepada-Mu, serta dengan rahasia yang ada antara Engkau dengannya, aku memohon kepada-Mu untuk mencurahkan rahmat dan kesejahteraan kepadanya dan kepada keluarganya. Ya Allah, lipat gandakanlah cintaku kepadanya, kenalkanlah aku dengan hakikat dan derajatnya, perkenankanlah aku untuk mengikutinya, melaksanakan adab dan sunnahnya.  Satukanlah aku dengannya, jadikanlah aku menikmati dalam memandangnya, bahagiakanlah aku dalam bercakap-cakap dengannya.  Hilangkanlah kendala-kendala, hambatan ikatan, perantara-perantara dan hijab dariku.  Ikatlah pendengaranku bersamanya dengan pembicaraan yang baik.  Persiapkanlah diriku untuk mencarinya dan persiapkan pula aku untuk melayaninya.  Jadikanlah shalawat-shalawatku atasnya sebagai cahaya yang bersinar dengan sempurna dan menyempurnakan, suci dan mensucikan, menghapus setiap kezaliman, kegelapan, keraguan, syirik, kekufuran, kebohongan dan dosa.  Jadikanlah shalawat-shalawatku sebagai ‘sebab’ (tahap) pensucian dan tangga untuk mencapai maqam keikhlasan dan kekhususan (keistimewaan) yang tertinggi, sehingga tidak lagi tersisa padaku rasa bertuhan selain kepada-Mu, sehingga aku tidak binasa di Hadirat-Mu, dan menjadi ahli (pilihan) kekhususan-Mu, yang berpegang teguh kepada adab dan sunnah Nabi Muhammad (s) yang bersumber dari hadiratnya yang tinggi dalam setiap waktu dan setiap saat.
Wahai Allah, wahai Sang Cahaya, wahai Sang Kebenaran, wahai Yang Menjelaskan  (3 kali).
Semoga Allah (swt) mencurahkan rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad (s) beserta keluarga dan para sahabatnya.